Tekanan Hidroststis
Tekanan Hidroststis

Tekanan Hidrostatis

Posted on

Rumus Tekanan Hidrostatis – Hai ketemu lagi dengan kami ayokboco yang menyajikan materi belajar seputaran Ilmu pengetahuan alam dan umum.

Kali ini kita akan membahas materi fisika yaitu mengenai tekanan hidro statis dan rumusnya lengkap. Berikut pembahasan materi rumus tekanan hidrostatis.

Tekanan hidrostatiis merupakan tekanan yang dialami zat cair benda dan berpengaruh terhadap besar kecilnya tekanan hidrostatis pada massa jenis zat cair, Percepatan gravitasi, dan ketinggian zat cair.

Suatu berat partikel air akan menekan paerikel yang ada dibawahnya yang diakibatkan oleh gaya gravitasi, dan partikel air yang berada dibawah akan saling menekan kebawah hingga tekanan lebih besar.

Saat kita berada di laut dan kita menyelam dari permukaan air sehingga akan semakin banyak volume air laut yang berada diatas kita sehinggga tekanan permukaan air yang diberikan pada tubuh kita akan semakin besar dan berat.

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Semua air yang diberikan tekanan yang mengarah pada titik ukur yang disebabkan oleh adanya gaya gravitasi dan ditambah dengan kedalaman yang diukur dari permukaan air.

Kesimpulan | Semakin besar titik tekanan air, ukur pada permukaan air akan semakin besar pula tekanan hidrostatisnya pada titik tekanan air. Kemudian apabila ketinggian air semakin besar maka akan besar juga tekanan hidrostatisnya di wadah. Contoh pada gambar berikut:

Tekanan Hidrostatis
Tekanan Hidrostatis

Rumus Tekanan Hidrostatis

Rumus ini digunakan pada titik kedalam yang tidak dipengaruhi oleh berat air bentuk wadah bejana air, dan luas permukaan pada air yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

Phindro = pgh

Keterangan
ρ = Berat jenis pada air
h = Titik kedalaman diukur pada permukaan air
g = Besaran percepatan gravitasi

Rumus tekanan hidrostatis digunakan untuk mengukur nilai pada wadah bejana yang tertutup seperti botol, tangki, tong yang memiliki titik tekanan tertentu.

Jika menghitung total tekanan pada titik bawah pada permukaan air yang terdapat pada tempet terbuka seperti danau, laut dan semua wadah atau bejana terbuka kita perlu menambah tekanan atmosfer perhitungan tekanan. Sehingga tekanan pada titik tersebut menambah tekanan yang bekerja pada permukaan air. Yang dirumuskan sebagahi berikut :

Ptotal = Phidro+Patm atau Ptotal = ρgh+Patm

Patm = Tekanan atmosfer pada permukaan laut.

Sifat – Sifat Tekanan Hitdrostatis

Berikut sifat-sifat yang dimiliki oleh tekanan hidrostatis antara lain :

  • Tekanan pada hidrostatiis tergantung pada kedalaman.
  • Bergantung juga pada massa jenis zat cair.
  • Bergantung pada bentuk wadah dan bejana.
  • Ditentukan oleh besaran gravitasi.
  • Pada titik kedalaman yang sama maka tekanan akan sama pula
  • Semakin dalam titik dari permukaan air maka akan semakin besar tekanannya.

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis

1. Ketika kita menyelam pada kedalaman 10 m dibawah permukaan laut. Terdapat massa jenis air 1.000 Kg/m3 dengann percepatan gravitasi 10 m/s2. Carilah tekanan hidrostatis yang kita alami.?

Penyelesaian

Diketahui :

h : 10 m
ρ : 1000 kg/m3
g : 10 m/s2

Ditannya = P : ….?

Jawab : 
p = ρ.g.h
P = 1000.10.10
p = 100.000N/m2

2. Ikan yag berenang di dalam akuarium berada 50 cm dari permukaan air akuarium. Tentukan tekanan hidrostatis pada ikan tersebut sedangkan massa jenis air 1000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2?

Penyelesaian :

Diketahui :
h = 50 cm = 0.5 m
ρ = 1.000 kg/m3 
g = 10 m/s2

Jawaban :

Ph = ρ . g . h

Ph = 1.000 . 10 . 0.5

Ph = 5.000 Pa

Tekanan yang diterima pada ikan adalah 5.000 Pa.

3. Sebuah kolam air memiliki tekanan hidrostatis 50.000 Pa. Tentukan kedalam kolam tersebut?

Penyelesaian :

Diketahui : 
ρ : 1.000 kg/m3
g : 10 m/s2

Ditanya : h = …?

Ph = 50.000 Pa

Ph = ρ . g . h

50.000 = 1.000 . 10 . h

h = 5 meter

Kedalaman air kolam tersebut adalah 5 meter.

Demikian pembahasan yang saya sajikan mengenai Tekanan Hidrostatiis : pengertian, Rumus, Sifat-Sifat, dan Contoh soal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lannya: