Stoikiometri - Pengertian, Jenis, Beserta Rumusnya
Stoikiometri - Pengertian, Jenis, Beserta Rumusnya

Stoikiometri – Pengertian, Jenis, Beserta Rumusnya

Posted on

Ayokboco.com – Kali ini kita akan membahas materi mengenai Stoikiometri atau senyawa kimia dasar yang meliputi Pengertian, Jenis, Beserta Rumusnya.

Stoikiometrii – Tahukah anda apa itu Stoikiometrii ?. Stoikiometrii merupakan ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantatif dari reaktandan produk dalam reaksi kimia, didalam ilmu kimia disebut “Stoikiometrii “.

Pengertian Stoikiometri

Dapat kita simpulkan dari cuplikan pembahasan diatas definisi dari Stoikiometrii adalah Ilmu kimia yang membahas dan mempelajari perhitungan hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk yang terjadi dalam reaksi kimia.

Hukum-hukum dasar pada stoikiometrii adalah hukum kekekalan massa, hukum perbandingan dan hukum perbandingan tetap.

Jenis – Jenis Stoikiometri

Stoikiometri Komposisi

Rasio yang diperoleh dari Stoikiometri dapat kita gunakan untuk menentukan jumlah massa dalam suatu reaksi dan persamaan yang setimbang, karena hubungan antara mol yang diketahui dengan massa atom.

Stoikiometri Gas

Bicara tentang gas yang berhubungan dengan reaksi dan melibatkan gas yang berada pada suhu, volume, dan tekanan pada idealnya sama dengan gas ideal. Rasio massa dari reaksi tunggal harus dihitung dari massa molekuldari reaktan dan produk.
Persamaan Hukum Gas Ideal :

Rumus PV = nRT

Keterangan :
P = Tekanan
V = Volume Gas
n = Jumlah Mol
R = Tekanan Gas
T = 0 °C = 273 K

Stoikiometri Reaksi

Suatu persamaan kimia untuk mengukur hubungan kuantitatif yang digunakan untuk menentukan jumlah produk dan reaktan yang diproduksi dan dapat menggambarkan hubungan kuantitatif antara zat-zat ketika berpartisipasi dalam reaksi kimia.

Tahap Awal Stoikiometri

Pada tahap awal kimia ini yang paling dominan adalah aspek kuantitatif pada perubahan kimia. Dalam percobaan kimia dijelaskan fenomena pembakaran disebut dengan istilah zat dapat terbakar, Stoikiometri yang menangani aspek kuantitatif reaksi kimia menjadi metodologi dasar kimia.

Dasar Gas Ideal

Volume molar dapat dinyatakan sebagai 1 mol entitas atau ion, unit formula, atom dan molekul.

Satuan dari volume molar adalah Vm yaitu L/mol

Rumus Mm = v/n

Dasar Stoikiometrii Larutan

Suatu jumlah zat terlarut yang dilarutkan dengan sejumlah pelarut atau dengan sejumlah larutan tertentu yang dapat dinyatakan pada moralitas (M) kemudian dinyatakan sebagai jumlah zat terlarut dengan satuan liter.

Rumus M = n/v

Rasio Stoikiometrii

Suatu jumlah rasio reagen atau zat yang ditambah ke sistem dalam raka membuat reaksi kimia adalah jumlah atau rasio dengan asumsi bahwa hasil dari reaksi selesai dengan dasar

Demikian pembahasan materi mengenai Stoikiometri – Pengertian, Jenis, Beserta Rumusnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Asam Basa

Baca Juga : Hukum Dasar Kimia

Baca Juga : Senyawa Dan Campuran

Baca Juga : Pemisahan Campuran