Rangkaian listrik
Rangkaian listrik

Rangkaian listrik

Posted on

Rangkaian listrik – Merupakan rangkaian atau jalur elektron yang dapat mengalir dari sumber voltase atau arus listrik pada proses perpindahan elektron ini yang sering kita kenal dengan listrik.

Hay guys berjumpa lagi dengan kami ayokboco.com yang akan memberikan materi pembelajaran umum dan pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sebagainya. Kali ini kami akan memberikan materi pembelajaran mengenai rangkaian listrik yang meliputi pararel, seri, rumus dan contoh lengkap. Untuk detailnya silahkan simak dan ikuti terus artikel ini samapai selesai.

Dalam kehidupan sehari-hari listrik sangat dibutuhkan, tanpa listrik lampu rumah maupun di jalan tidak akan menyala. Tampa listrik pula kita tisak akan menikmati nonton TV dan tanpa adanya listrik di dunia ini akan gelap pada malam hari.

Kita semua bisa menggunakan dan menikmati listrik berkat para ilmuan inggris bernama Michael Faraday yang mendapat julukan bapak listrik, karena ia menemukan listrik dan digunakan dalam bidang pengetahuan dan teknologi.

Pengertian Rangkaian Listrik

Suatu jalur atau rangkaian elektron yang mengalir dari sumber voltase atau arus listrik pada proses perpindahan elektron ini yang sering kita kenal dengan listrik.

Elektron pada listrik mengalir pada meterial penghantar arus listrik yang disebut konduktor. Kabel yang digunakan pada rangkaian litriik ini terbuat dari tembaga yang dapat dengan baik menghantarkan arus listrik. Pada dasarnya semua yang menggunakan listrik pada penggunanya disebut dengan bebean listrik.

Rangkaian Listrik Parallel

Merupakan rangkaian listrik yang memiliki elemen dan komponen yang disusun secara bercabang atau bertingkat. Untuk lebih jeas dan detailnya mari kita melihat contoh yang disertai gambar di bawah ini :

Susunan gamebar di atas menggambarkan elektron yang mengalami pergerakan dari baterai akan mengalir mengikuti jalur atau kabel terdapat dua cabang kabel maka arus listrik akan memecah menjadi dua bagian yang mengalir pada lampu satu dan dua pada rangkaian parallel arus listrik yang berbeda dan dapat ditulis rumus :

Itotal = /1+/2+/3+…. dan seterus nya.

Tegangang pada rangkaian listriik parallel sama besarnya sehingga secara matematis dapat ditulis sebagai berikut :

Vtotal = v1 =v2 =v3 =…. dan seterusnya

Dan untuk mencari sebuah hambatan parallel dengan menggunakan formula sebagai berikut :

Rangkaian Listrik Seri

Merupakan sebuah rangkaian yang memiliki elemen atau komponen yang tersusun secara sejajar. Berikut contohnya : terdapat tiga hambatan yang sudah dirangkai secara seri yang dihubungkan dengan batrai.

Penjelasan pada rangkaian seri diatas bahwa baterai yang menjadi sumber listriik yang miliki dua kutup negatif dan kutup positif. Elektron bergerak dari positif ke atau menju ke negatif sehingga elektron akan bergerak minggalkan kutup positif dan akan menghasilkan arus listrik yang kemudian akan mengalir pada jalur atau kabel yang akan melewati hambatan yang disebut lampu.

Kemudian arus listrik yang melewati lampu maka akan menyala dan aliran listrik akan kembali pada baterai. Pada rangkaian seri diatas arus listriik yang mengalir akan melewati lampu 1,2,3 sama merupakan salah satu ciri khas rangkaian seri yyang dapat ditulis secara matematis sebagai berikut :

Itotal = /1 =/2 =/3 = ….. dan seterusnya.

Sedangkan lampu 1, 2, dan 3 mengalami ketegangan dan ketika dijumlahkan akan sama dengan sumber tegangan yang dapat di tulis secara sistematis sebagai berikut :

Vtotal = V1 + V2 + V3 + …… dan seterusnya.

Selanjutnya pada hambatan total pada rangkaian seri dapat di tulis sebagai berikut :

Rtotal = R1 + R2 + R3 + ….. Dan seterusnya

Rangkaian Listrik Campuran

Merupakan rangkaian listriik gabungan dari rangkaian parallel dan seri yang menjadi satu kesatuan, yang dapat anda liahat pada gambar di bawah ;

Untuk proses suatu perhitungan matematis pada hambatan untuk rangkaian campuran sebaiknya anda menghitung total rangkaian perallel kemudian anda bisa langsung menjumlahkan dengan hambatan pada rangkaian serinya.

Perbedaan Rangkaian Paralle dan Seri

1. Perbedaan Susunan Rangkaian Listrik

Perbedaan pada susunan rangkaian parelel akan sangat jelas pada saat sekali pandang yang ditandai dengan bentuk rangkaian lurus atau cabang yang terdapat pada susunan rangkaian listriik.

  • Susunan Parallel (kompleks) : Terjadi percabangan pada rangkaian, yang tidak hanya terlihat satu kabel utuh akan tetapi pembagian arus yang menuju hambatan yang terletak tidak dalam satu garis lurus pada rangkaian seri.
  • Susunan Rangkaian Seri : Susunan ini sangat sederhana yang tidak miliki cabang rangkaian, arus listriik dari baterai akan menuju hambatan pada satu kabel dan hanya ada satu kabel yang menghubungkan hambatannya secara sejajar.

Contoh Soal Rangkaian Listrik

Contoh Soal 1.

Pembahasan:

Contoh soal 2

Pembahasan:

Demikian pembahasan materi mengenai rangkaian listrik yang meliputi parallel, seri dan contoh lengkapnya. Semoga bermanfaan bagi anda yang sedang mencar materi mengenai rangkaian listrik ini, sekian terimakasih.

Baca Artikel LAinnya Juga :