Menghitung Rumus Percepatan Gaya Fisika
Menghitung Rumus Percepatan Gaya Fisika

Menghitung Rumus Percepatan Gaya Fisika

Posted on

Percepatan Gaya – percepatan bisa bernilai positif dan negatif, apabila percepatan bernilai positif maka menunjukan kecepatan benda tersebut mengalami percepatan positif akan bertambah cepat atau dipercepat. Sebaliknya ap[abila bernilai negatif maka menunjukan kecepatan benda tersebut menurun atau di perlambat.

Menghitung Rumus Percepatan Gaya Fisika
Menghitung Rumus Percepatan Gaya Fisika

Sebelum kita bahas lebih lanjut kali ini kita akan membahas materi mengenai rumus percepatan. Dalam percepatan gaya terdapat beberapa gaya seperti gaya gesek, gaya usaha, gaya gravitasi dan gaya massa.

Pengertian Percepatan Gaya

Laju perubahan kecepatan suatu benda saat bergerak, apabila kecepatan suatu benda tetap maka benda tersebut tidak mengalami percepatan. Hal ini timbul saat kecepatan suatu benda berubah, apabila kecepatan benda tersebut berubah secara tetap, percepatan benda tersebut bernilai konstan.

Kemudian dalam menghitung percepatan yang dapat dinyatakan dalam satuan meter per sekon berdasarkan satuan waktu yang dibutuhkan suatu benda untuk mengubah kecepatan, atau berdasarkan pecepatan yang diberikan pada suatu benda tersbut.

Menghitung Percapatan Rata-Rata dari Dua Kecepatan

1. Tentukan Persamaan Percapatan Rata-Rata

Rumus (a = Δv / Δt)

Keterangan :
a
= Percepatan
Δv = Perubahan Percepatan
Δt = Waktu yang dibutuhkan unutk mengubah kecepatan benda.

Kamu bisa menghitung percepatan rata-rata suatu benda dalam rentan suatu waktu pastinya berdasarkan kecepatan atau laju percepatan benda tersebut menuju atah tertentu setelah atau sebelum rentan waktu tersebut.

  • Satuan percepatan merupakan meter per sekon atau m/s2
  • Percepatan merupakan besaran vektor yang mempunyai besaran maupun arah.
  • Besaran percepatan ialah jumlah total, sedangkan arahnya ditentukan oleh arah gerakan benda apabila benda terlambat maka percepatan akan bernilai negatif.

2. Pahami Variabelnya

Rumus (Δv = vf – vi dan Δt = tf – ti )

Keterangan :
vf  =
Kecepatan Akhir
vi  = Kecepatan Awal
tf   = Waktu Akhir
ti   = Waktu Awal

  • Kecepatan selalu memiliki arah kamu harus selalu mengurangi kecepatan akhir dengan kecepatan awal. Apabila kamu membalikannya maka arah percepatan yang kamu peroleh akan salah.
  • Terkecuali soal menyatakan lain, misal waktu awal benda bergerak biasanya 0 sekon.

Contoh :

vf  = 46.1 m/s

vi  = 18.5 m/s

tf   = 2.47 s

ti   = 0 s

a = Δv / Δt
= vf – vi  /  tf – ti
= 46.1 m/s – 18.5 m/s
2.47 s – 0 s
= 11.17 m/s2

3. Gunakan Rumus Untuk Mencari Percepatan

Untuk langkah awal tuliskan persamaan beserta variabel yang diketahui. Berikut persamaannya a = Δv / Δt = (vf – vi)/(tf – ti). Jika kecepatan akhir benda lebih kecil dibandingkan kecapatan awal percepatan akan bernilai negatif atau benda tersebut melambat

Menghitung Percapatan dari Gaya

1. Memahami Hukum II Newton Tentang Gerak

Saat Gaya yang diberikan  pada suatu benda tidak seimbang benda tersebut akan mengalami percepatan yang ditentukan oleh resultan gaya pada benda beserta massa benda tersebut.

Perhitungan percepatan diberikan pada benda dan massa benda tersebut sudah diketahui.

  • Persamaan Hukum Newton Fnet = m x a 
    Keterangan :
    Fnet = Resultan Gaya pada Benda 
    m = Massa
    a = Percepatan pada benda
  • Selalu gunakan satuan metrik saat menggunakan persamaan ini, gunakan kg, sebagai satuan massa, N sebagai gaya, m/s2    untuk manyatakan percepatan.

2. Tentukan Massa Benda

Dalam menentukan massa suatu benda anda harus menimbang diatas neraca timbangan dan mencatat bobot dalam satuan gram. kamu harus mengubah satuan massa menjadi kilogram kemudian melanjutkan perhitungan dengan persamaan ini. Apabila massa benda punya dinyatakan dalam gram anda perlu membagi nilai tersebut dengan 1000 unutk mnegubahnya kedalam satuan kilogram.

3. Hitung Resultan Gaya

Resultan gaya merupakan gaya yang tidak seimbang. Apabila ada dua gaya yang arah berlawanan satu sama lain dan salah satunya lebih besar daripada yang lain, resultan gaya keduanya akan sama dengan arah gaya yang lebuh besar.

  • Contohnya : andi dan ro bermain tarik tambang. andi menarik tali ke arah kiri dengan gaya sebesar 5 newton, sementara rio menarik tali ke arah sebaliknya dengan gaya sebesar  newton. Resultan gaya pada tali adalah 2 newton kearah kiri, kearah rio.
  • 1 N = 1 kg –  m/s2

Rumus Percepatan Gaya

Berikutnya kita akan membahas bagaimana rumus percepatan gaya dan akan membahas soal bagaimana cara menghitung percepatan gaya yang diambil dari hukum newton.

Rumus dalam bentuk hukum newton 2 :
F = m x a

Dan rumus untuk gaya yang lebih dari satu

Keterangan :
F = Gaya (N)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan dari Benda ( m/s2 )

Contoh Soal Percepatan Gaya

1. Suatu tempat di bumi memiliki percepatan gravitasi pada permukaan bumi sebesar 10 m/s2 . Jika R jari-jari dari bumi, maka tentukan berapa percepatan gravitasi bumi tersebut pada tempat yang berjarak 0,5 R dari permukaan bumi?

Jawab :

Di ketahui : 
r1 = R -> r2 = ( R + 0,5 R ) = 1,5 R
g1 = 10 m/s2

Di tanya = g2 ?

Percepatan gravitasi bumi 
g2 = ( r1/r2 )2 x g1
g2 = ( R/1,5R )2 x 10 m/s2
g2 = 10 m/s2 : 2,25
g2 = 4,44 m/s2

Jadi percepatan gravitasi bumi tersebut iyalah 4,44 m/s2

2. Suatu benda diberi gaya 20 N benda tersebut memiliki percepatan 4m/s2. Carilah berapa percepatan yang di alami benda tersebut seandainya benda tersebut diberi gaya sebesar 25 N?

Jawab :

m = F1 : a1 = 20 N : 4 m/s2 = 5 kg
dan ketika diberi gaya F2 sebesar 25 N, maka percepatan yang di alami benda tersebut manjadi :

a2 = F2 : m2
= 25 N : 5 kg
= 5 kg di jadikan percepatan maka -> 5 m/s2
Jadi percepatan benda tersebut adalah 5 m/s2

Sekian penjelasan lengkap mengenai rumus percepatan gaya beserta contoh soal dan cara menghitung percepatan gaya semoga bermanfaat pelajaran kali ini…..

Baca Juga:
> Rumus Luas Tabung
> Rumus Segitiga
> Bangun Ruang