Makromolekul - Pengertian, Jenis, Fungsi Lengkap
Makromolekul - Pengertian, Jenis, Fungsi Lengkap

Makromolekul – Pengertian, Jenis, Fungsi Lengkap

Posted on

Ayoboco.com – Pertemuan kali ini kita akan membahas materi mengenai Makromolekul – Pengertian, Jenis Lengkap berikut pembahasannya.

Pengertian Makromolekul

Suatu molekul besar yang terdiri dari banyak atom dan polimer baik alami maupun sinetik yang merupakan makromolekul Contohnya hemoglobin (dalam sel darah merah yang megikat oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh).

Sebagian besar makromolekull berupa polimer atau molekul panjang yang terdiri dari banyak blok penyusun identik yang di hubungkan dengan ikatan kovalen.

Berdasarkan pada reaksi hidrolisis dengan ukuran molekulnya karbohidrat dibagi menjadi dua yaitu :

Karbohidrat Sederhana Makromolekul

Pada umumnya dapat di artikan melalui tata nama yang sesuai dengan jumlah atom karbon yang terdapat dalam molekul dan dapat dikenali melalui rumus empiris perbandingan antar atom hidrogen, karbon, dan oksigen.

Karbohidrat Kompleks Makromolekul

Pada saat karbohidrat paling sederhana saling berkaitan satu sama lain maka terbentuk disakarida dan ketika tiga disebut trisakarida dan pada umumnya saat karbohidrat kompleks yang lebih besar dari disakarida dan trisakarida disebut polisakarida.

Fungsi Karbohidrat

  • Membantu proses pencernaan makanandalam saluran pencernaan
  • Sebagai penyusun membran sel
  • Sebagai sumber energi utama
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Sebagai sumber energi dalam proses respirasi

Jenis dan Fungsi Makromolekul

Setiap makhluk hidup dan organisme terdapat beberapa jenis makromolekul antaranya lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat berikut pembahasanya satu persatu,

Lipid

Merupakan suatu energi dan isolasi dan terdapat tiga bentuk antaranya steroid, fosfolipid dan lemak yang fungsi utamanya sebagai energi. Lemak tersbut dalam bentuk jenuh atau tidak jenuh dan tidak larut karena ringan, lemak tersebut ditemukan pada hewan.

Protein

Merupakan makromolekul penting yang memiliki banyak tingkatan dan struktur dan fungsinya, di setiap sel tubuh manusia mengandung protein dan sebagaian besar cairan tubuh mengandung protein.

Protein tersebut membentuk bagian kulit, otot, organ dan kelenjar pada tubuh manusia. Protein tersebut mambantu dalam memperbaki sel dan membuat sel baru dalam tubuh dan sebagai energi penting terutama dalam pertumbuhan remaja dan ibu hamil.

Asam Nukleat

Asam nukleat terdiri dari DNA dan RNA yang sangat penting untuk kehidupan. DNA sendiri untuk mengembangkan genetik untuk semua kehidupan, sedangkan RNA sebagai pembawa informasi ke situs aktual produksi protein. Asam nukleat memiliki informasi yang diperlukan agar protein berkembang dan bertindak sesuai dengan semestinya.

Sekian pembahasan materi mengenai Makromolekul – Pengertian, Jenis, Fungsi Lengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga : Termokimia

Baca Juga : Reaksi Redoks dan Elektrokimia

Baca Juga : Perbedaan Senyawa Dan Campuran

Baca Juga : Hukum Dasar Kimia