Gelombang Elektromagnetik
Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik

Posted on

Gelombang Elektromagnetik – Hai sobat berjumpa lagi dengan kamo ayokboco yang akan memberikan pengetahuan seputaran pendidikan umum, matematika, dan ilmu pengetahuan alam.

Kali ini kami akan membagikan pengetahuan mengenai Gelombang Elektromagnetik yang meliputi pengertian, Sifat, Rumus, manfaat, dan contoh. Untuk lebih lanjutnya atau detailnya mengenai materi ini silahkan anda ikuti terus artikel ini jangan pindahkan ke halaman lain.

Gelombang elektromaknetik pada umumnya suatu gelombang yang merambat tanpa melalui atau membutuhkan perantara medium dan merupakan salah satu gelombang transversal. Dan terdapat juga energi elektromagnetik yang merambat melalui sebuah karakter yang meliputi gelombang, panjang, amplitudo, frekuensi dan kecepatan.

Energi ini kemudian dilepaskan atau dipancarkan pada level berbeda semakin tinggi levelnya akan semakin rendah panjang gelombang dari energi yang akan dihasilkan akan tetapi frekuensinya semakin rendah.

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Merupakan salah satu gelombang yang memancar atau membias tanpa adanya media rambat gelombang tersebut membawa muatan energi listrik dan magnet atau elektromagnetik.

Sifat dari Gelombang elektromagnetik

Pada umumnya bentuk gelombang elektromagnetiik hampir sama dengan gelombang transversal akan tetapi gelombang ini memiliki muatan listrik dan maknetik dan medan listrik E akan selalu tegak lurus dengan medan magnet B dan keduanya akan menuju ke arah gelombang, yang dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Merupakan dan termasuk gelombang transversal dan memiliki sifat
yang sama
2. Tidak memerlukan media rambat
3. Merambat dalam ruang hampa
4. Mempunyai repfleksi pemantulan, reaksi pembiasan, interferensi,
difraksi dan polaritas.
5. Terjadinya perubahan medan magnet dan listrik secara bersamaan.
6. Mempunyai momentum

Rumus Gelombang Elektromagnetik

Rumus diatas ternyata percepatan perambatan gelombang elektromagnetiik bergantung pada permitivitas listrik dan permeabilitas magnetik medium. Pada umumnya persamaan dari kecepatan perambatan pada gelombang elektromagnetik.

Prinsip dari Gelombang Elektromagnetik

Gelombang ini sebagai paduan daya imajinasi dan akal pikiran berlandaskan keyakinan akan keteraturan dan kerapian, dan terdapat tiga aturan gejala kelistrikan

  1. Hukum Faraday
    Terjadi perubahan medan magnet B dapat menimbulkan medan listrik E
  2. Hukum Biot Savart
    Terjadi aliran arus listrik yang menghasilkan medan magnet disekitarnya.
  3. Hukum Coulumb
    Terjadi muatan listik yang menghasilkan aliran listrik yang sangat kuat.

Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Panajang gelombang memiliki peredaan jenis gelombang elektromagnetiik sangatlah penting. Gelombang prilaku ini sangat berpengaruh pada ukuran relatif panjang dari gelombang, maka perbedaan jenis gelombang menyebabkan perbedaan prilaku tiap jenis gelombang. Gelombang elektomagnetik dimanfaatkan secara luas dengan tujuan yang berbeda-beda bergantung dari jenis gelombangnya.

Manfaaat Gelombang Elektromagnetik berdasarkan Jenis:

Manfaat Gelombang Mikro

Gelombang ini memiliki panjang gelombang yang berbeda beberapa centimeter dengan frekuensi yang mendekati frekuesi resonansi alami molekul air dalam zat padat serta cairan, gelombang mikro dapat dengan mudah diserap oleh molekul air ke dalam makanan dan merupakan mekanisme pemanas dalam pemanggang gelombang mikro.

Manfaat Gelombang Radio

Gelombang ini dimanfaatkan untuk mentransmisikan sinyal untuk jarak yang sangat jauh dari jangkauanyang tidak dapat dicapai oleh gelombang inframerah, besaran energi yang ditransmisikan tidak sebesar yang dapat ditransmisikan oleh gelombang inframerah. Gelombang ini biasa dugunakan oleh stasiun TV, Radio, dan masih banyak lagi

Manfaat Gelombang Sinar Inframerah

Sinar ini tidak dapat kita kihat akan tetapi dapat kita deteksi dengan spektrum cahaya merah yang bisa dipakai untuk memindahkan satu bentuk kebetuk energi yang tidak besar, sinar ini biasanya dipakai pada konsol game atau remot yang tidak mengunakan media kabel.

Manfaat Gelombang Sinar X

Sinar x mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek dan memiliki frekuensi yang sangat tinggi yang mudah menembus banyak bahan yang tidak tertembus oleh gelombang cahaya dengan frekuensi yang lebih rendah. Sinar ini biasanya dipakai di bidang kesehatan untuk melihat organ dalam tubuh manusia untuk mendiaknosa pasien tanpa harus melakukan pembedahan.

Contoh Soal Gelombang Elektromagnetik

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai materi Gelombang Elektromagnetik yang meliputi pengertian, Sifat, Rumus, manfaat, dan contoh. Semoga bermanfaat untuk anda semua, Sekian terima Kasih

Baca Artikel Lainnya Juga: