Fluida Dinamis
Fluida Dinamis

Fluida Dinamis

Posted on

Ayoboco.com – kesempatan kali ini kami akan membahas materi belajar terkait dengan Fluida Dinamis. Pada pertemuan sebelumnya kitas sudah membahas materi mengenai listrik statis. Berikut pembahasannya mengenai Fluida Dinamiis.

Tahukah anda apa itu fluida dinamis? sebelum kita bahas lebih jauh mari kita jabakan sedikit mengenai fluida, fluida dinamiis asuatu zat cair dan gas yang bergerak dan mempunyai kecepatan konstan terhadap waktu, mengalami perputaran, tidak kekal, tidak mengalami perubahan volume, Ilmu yang mempelajari tentang fluida ini adalah hidrodinamika.

Definisi Fluida Dinamis

Kategori fluida berupa gas dan zat cair yang dapat bergerak, yang mempunyai kecepatan konstan oleh waktu, tidak abadi(kekal), tidak mengalami perputaran, tidak mengalami perubahan volume.

Macam-maca fluida Dinamis

  • Aliran Turbulen
    Suatu aliran yang paket fluida tidak meluncur bersama dengan paket fluida pada tiap paket bersebrangan dengan jalur. Pada aliran turbulen ditandai dengan adanya putaran air dan terjadi kecepatan aliran yang tinggi.
  • Aliran Laminer
    Suatu aliran fluida yang meluncur dengan paket fluida dan tiap paketnya tidak bersebrangan dengan jalur lain, idealnya aliran fluida terjadi pada kecepatan rendah.

Rumus-rumus Fluida Dinamis

Terdapat beberapa teori dan rumus dalam fluida dinamiis berikut penjabarannya:

Debit pada Fluida Dinamis

Jumlah atau total volume dari fluida yang mengalir dalam satuan waktu per detik.

Rumus : Q = Av atau V/t

Keterangan:
Q = Debit
T = Waktu
V = Volume
A = Luas penampung
V = Kecepatan Aliran

Persamaan Kontinuitas Fluida Dinamis

Sebagai Penghububg kecepata fluida kedalam satu tempat ke tempat lain karena fluida sendiri tidak mampu ditempatkan inkompresibel akibatnya aliran fluida berada di sembarang titik.

Untuk lebih baiknya kita harus memahami bebraa istilah aliran fluida terlebih dahulu, terdapat garis aliran fluida yang diartikan sebagai aliran fluida ideal.

Pada garis yang bersinggungan satu titik pada garis yang memberikan arah kecepatan pada aliran fluida. Terdapat tabung air yang merupakan kumpulan dari garis aliran yang bersinggungan pada suatu titik pada garis yang memberikan arah kecepatan pada aliran.

Teorema Toriclli pada Fulida Dinamis

Terjadinya fenomena dimana air menyembur keluar dari sebuah lubang tangki air, air yang menyembur keluar mempunyai besaran energi kinetik dari lubang tangki air sama besarannya dengan energi potensial yang ada.

Kecepatan menyembur pada lubang tabung di ibaratkan seperti air yang jatuh bebas dari atas ketinggian, semakin tinggi lubang dari batas air maka semakin cepat semburan airnya.

Rumus Teorema Toriclli

v = √(2gh)

X = 2√(hH)

t = √(2H/g)

Keterangan :
v : Kecepatan Keluar air
H : Jarak jatuhnya air
X : Jarak titik jatuh air
t : Waktu
h : Jarak permukaan iar

Persamaan Bernoulli Fluida Dinamis

persamaan bernoulli memiliki hukum kekekalan energi dan dialami pada aliran fluida, kemudian hukum ini menyatakan pada jumlah tekanan, energi potensial satuan volume, dan tekanan ernergi kinetik yang memiliki nilai yang sama pada titik panjang suatu garis. Kemudian dinyatakan dengan rumus sebagai berikut.

Rumus Persamaan Bernoulli Fluida Dinamis

P+1/2 pv2+pgh = Konstan

P+1/2pv12+pgh1 = P2+1/2pv22+pgh2

Keterangan :

P : tekanan
p : Massa Jenis
g : percepatan gravitasi

Contoh Soal Fluida Dinamis

Contoh Soal 1
Contoh Soal 1
Contoh Soal 2
Contoh Soal 2
Contoh Soal 2
Contoh Soal 2
Contoh Soal 3
Contoh Soal 3
Contoh Soal 4
Contoh Soal 4
Contoh Soal 5
Contoh Soal 5

Baca Juga Artikel Lainnya :