Pengertian, Macam Macam, Prinsip kerja
Pengertian, Macam Macam, Prinsip kerja

Destilasi – Pengertian, Macam Macam, Prinsip kerja

Posted on

Pengertian Destilasi – Dalam reaksi dan proses pemisahan zat kimia elakukan metode yaitu metode distilasi atau penyulingan. Sebelum kita bahas lebih jauh materi yang akan kita bahas meliputi pengertian, macam-macam, Prinsip kerja dan contoh dari destilasi. Berikut penjelasan secara lengkapnya.:

Pengertian, Macam Macam, Prinsip kerja
Pengertian, Macam Macam, Prinsip kerja

Pengertian Destilasi

Penyulingan atau Destilasi adalah salahsatu metode berfungsi untuk memisahkan antara dua zat kimia atau lebih berdasarkan perbedaan kecepatan kemudahan dalam penguapan atau volatilitas zatnya.

Proses pancampuran zat akan mendidih sehingga terjadi penguapan, uap yang dihasilkan kemudian mendingin kembai dan berubah menjadi cairan.

Macam – Macam penyulingan

Terdapat beberapa macam bentuk proses metode penyaringan atau destilasi yaitu :

penyulingan atau Sederhana

Dalam proses pemisah terdapat metode antara perbedaan titik pendidih yang berjauhan dengan salah satu komponen dasar bersiat volatif.

Zat yang memiliki titikpendidih rendah akan mengalami penguapan duluan dari pada zat yang memiliki titik didih rendah yang lebih besar.

penyulingan Bertingkat

Suatu metode untuk memisahkan dua komponen zat cair atau lebih, larutan yang berdasarkan pada perbedaan titik pendidihnya. Penyaringan ini berfungsi sabagai campuran dengan perbedaan titik rendah kurang dari 20 derajat yang bekerja pada tekanan admosfer.

Penyulingan Uap

Suatu metode yang berfungsi pada Campuran Senyawa memiliki titik pendidih mancapai 200 derajat bahkan bisa lebih. Senyawa yang diuapkan mencapai suhu mendekati 100 derajat dalam tekanan atmosfer dengan menggunakan air mendidih serta memiliki sifat yang fundamental.

Penyulingan Vakum

Suatu metode berungsi apabila campuran Senyawa akan disuling tidak stabil sebelum terdekompisisi mendekati titik pendidih diatas 150 deratat.

Penyaringan vakum ini titik pendidihnya rendah apabila kondensirnya memakai air dingin.

Penyulingan Azetrop

Suatu metode atau proses penguapan pada zat cair tanpa merubah komposisi zat pembentuknya.

Prinsip Kerja penyulingan

Ketika Suatu zat dalam larutan tak sama-sama menguap, maka uap larutan tersebut akan mempunyai komponen yang berbeda dengan larutan aslinya. Zat yang menguap pemisaannya akan terjadi sempurna tetapi kedua zat akan menguap pemisahannya hanya terjadi sebagian dari penyaringan tersebut.

Fungsi penyulingan

Fungsi dari penyaringan unutk memisahkan larutan dalam beberapa komponen atau metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap.

Alat Penyulingan dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa alat dan fungsinya sebagai berikut:

Alat Penyulingan

  1. Sumber panas
  2. Sampel labu penyulingan
  3. Tabung penghubung
  4. Termometer
  5. Kondensor
  6. Air Pendingin Masuk
  7. Air pendingin keluar
  8. Hasil pemisahan menggunakan alat labu bulat
  9. Gas Inlet
  10. Kontrol energi panas
  11. kontrol energi panas
  12. Pengaduk
  13. Alat pemanas
  14. Alat pendingin

Fungsi Alat penyulingan

  1. Zat campuran dimasukan kedalam labu penyulingan
  2. Lalu campuran dipanaskan oleh sumber panas dan alat pemanas
  3. Proses kali ini harus mengetahui komponen yang akan dipisahkan dari campuran tersebut
  4. Misalnya dalam memisahkan Eter dari campuran yang harus kita lakukan mengatur temperatur pada 34.6 deratat pengontrolan menggunakan energi panas dan pengontrol suhu dengan menggunakan termometer.
  5. Lalu melakukan pengadukan dengan alat pengaduk, akan diatur kecepatan geraknya oleh kontrol pengaduk
  6. Pada temperatur pada suhu 34.6 derajat komponen eter campuran akan mengalami penguapan dan kenaikan melalui tabung penghubung serta akan mengalir menuju kondensor
  7. Air pendingin akan mengalir dai pipa dan menju pipa laninya, air ini akan bekerja sebagai kondensor
  8. Fungsi dari kondensor unutk mendinginkan gas, sehingga dapat mengubah gas etanol menjadi suatu cairan dengan proses pengembunan.
  9. Etanol tersebut akan masuk kedalam tabung penghubung, kemudian akan terjatuh pada tujuh akhir adalah alas labu bulat hasil pemisahan campuran.
  10. Yang terakhir adanya batch pendingin cairan etanol hasil dari penyulingan tidak dapat membentuk sebagai uap lagi dan akan tetap bertahan dalam bentuk cairan didalam labu.

Demikian pembahasan mengenai Destilasi – Pengertian, Macam Macam, Prinsip kerja dalam perosesnya.

Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan yang berguuna bagi kita semua.

Baca Artikel Lainnya:

Teori Atom

Campuran Homogen

Hukum Dasar Kimia