dampak korupsi bagi diri sendiri, dampak korupsi bagi generasi muda, dampak korupsi bagi individu, dampak korupsi bagi keluarga, dampak korupsi bagi masyarakat bangsa dan negara, dampak korupsi terhadap ekonomi, dampak korupsi terhadap sosial dan kemiskinan masyarakat, makalah dampak korupsi
dampak korupsi bagi diri sendiri, dampak korupsi bagi generasi muda, dampak korupsi bagi individu, dampak korupsi bagi keluarga, dampak korupsi bagi masyarakat bangsa dan negara, dampak korupsi terhadap ekonomi, dampak korupsi terhadap sosial dan kemiskinan masyarakat, makalah dampak korupsi

Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya

Posted on

Ayokboco.com – Materi yang akan kita bahas kali ini mengenai Dampak Korupsi bagi negara dan sejarahnya, simak ulasannya di bawah.

Dampak Korupsi bagi negara tindakan yang tidak bisa dibenarkan walaupun dilihat dari aspek manapun. Banyak tugas publik yang tidak terurus, dan juga kerugian negara yang sangat besar akibat dari dampak korupsi itu sendiri.

Sejarah Korupsi di Indonesia

Catatan dan sejarah panjang mengenai korupsi di indonesia di mulai sebelum indonesia merdeka, ketika itu masa kerajaan, kurupsi sudah banyak terjadi karena adanya perebutan kekuasaan.

Bahkan sejarah menyebutkan runtuhnya kerajaan besar yang ada di indonesia seperti sriwijaya dan singasari di latar belakangi oleh korupsi pada masanya.

Dampak Korupsi

Korupsi ialah tindakan yang tidak bisa dibenarkan walaupun dilihat dari aspek manapun. Banyak tugas publik yang tidak terurus, dan juga kerugian negara yang sangat besar akibat dari dampak korupsi itu sendiri. Selain itu juga, korupsi juga memberikan dampak negarif bagi berbagai bidang, diantaranya:

Orang Yang Melakukan Korupsi
Orang Yang Melakukan Korupsi

Dampak Korupsi di Bidang demokrasi

Dampak korupsi bagai negara yang utama adalah bidang demokrasi. Bagai anda yang pernah menjadi dewam pemilihan tetap saat pesta demokrasi berlangsung pasti pernah mendengar istilah yang disebut “serangan fajar”. Sejumlah calon tentu membagikan imbalan uang bagi siapa saja yang mendukung nya saat pemilu, sehingga ia terpilih untuk menduduki jabatan tertentu. Pemberian imbalan uang tersebut sifatnya adalah menyogok.

Dampak Korupsi Bidang ekonomi

Maju tidaknya satu negara dapat diukur dengan tingkat ekonomi negara tersebut. Dan penelitian juga sudah membuktikan, makin maju suatu negara biasanya dikuti dengan semakin rendahnya tingkat korupsi negara tersebut. Korupsi memang bisa terjadi di negara-negara berkembang.

Maka tidak heran, apabila negara-negara berkembang memiliki perekonomian yang tidak baik dan relatif tidak stabil. Bahkan pada beberapa kasus, sering dijumpai perusahaan yang memiliki koneksi dengan pejabat mampu bertahan lama dan dilindungi dari segala macam persaingan. Akibatnya, perusahaan yang tidak efisien bertahan dan justru malah merugikan perekonomian negara.

Dampak Korupsii Bidang keselamatan dan kesehatan

Anda pasti masih ingat robohnya jembatan kutai kertanegara. Masih ada kasus lain mengenai kerusakan fasilitas publik yang juga menyebapkan banyak korban jiwa. Selailn itu juga, ada pekerja-pekerja fasilitas publik yang mengalami kecelakaan pada saat bekerja.

Ironisnya, kejadian tersebut ternyata di sebapkan oleh koruptor. Bukah rahasia lagi jika dana untuk mendirika infrastruktur publik adalah dana yang sangat banyak apabila di lihat dalam catatan. Nyatanya saat dana tersebut melalui para pejabat pemerintahan, dana tersebut mengalami pemangkasan sana-sini sehingga dalam pembangunan infrastruktur tersebut menjadi minim keselamatan.

Dampak Korupsii Pengikisan budaya

Dampak ini bisa terjadi pada pelaku korupsi juga pada masyarakat umum. Bagi pelaku korupsi ia bisa di kuasai oleh tasa tak pernah cukup. Ia akan terus menerus membuat upaya untuk menguntungkan diri sendiri sehingga lambat laun ia bisa menuhankan materi.

Bagi masyarakat umum, tingginya tingkat korupsi, lemahnya tingkat penegakan hukum, bisa memembuat masyarakat pergi dan meninggalkan budaya kejujuran dengan sendirinya. Pengaruh dari luar dapat membuat kepribadian yang rakus, hanya peduli pada materi dan juga tidak takut pada hukum.

Dampak Korupsii Terjadi krisis kepercayaan

Dampak korupsi bagi negara yang paling pentng adalah tidak adanya kepercayaan dengan lembaga pemerintah. Sebagai pengamat, masyarakat indonesia saat ini sudah semakin cerdas untuk menilai sebuah kasus.

Berdasarkan pengamatan, saat ini masyarakat indonesia tidak pernah merasa cukup dengan tindakan hukum kepada para koruptor. Banyak koruptor yang menyalahgunakan materi dalam jumlah yang tidak sedikit, akan tetapi cuma mendapatkan hukuman tidak setimpal. Akibatnya, rakyat tidak lagi percara pada proses hukum yang ada.

Demikian pemaparan mengenai Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya, Semoga bermanfaat bagi anda…..

Baca Juga : ✔️ Anggota BPUPKI

Baca Juga : ✔️ Pengertian BPK

Baca Juga : ✔️ Pengertian Lembaga

Baca Juga : ✔️ Asas-asas Hukum Tata Negara