Benzena - Pengertian, Turunan, Fungsi, Sifat & Struktur
Benzena - Pengertian, Turunan, Fungsi, Sifat & Struktur

Benzena – Pengertian, Turunan, Fungsi, Sifat & Contoh

Posted on

Benzena – Kali ini kita akan mempelajari dan membahas materi menganai Benzenaa – Pengertian, Turunan, Fungsi, Sifat & Struktur berikut penjelasannya dibawah.

Ayokboco.com – Apakah anda tahu apa itu Benzenaa?. Benzenaa merupakan salah satu bahan kimia yang sering digunakan dalam industri kimia sebagai prekursor, benzana tergolong senyawa hidrokarbon.

Hidrokarbon aromatik pada pertama kali ditemukan banyak senyawa yang memiliki aroma yang sangat khas, aromatik kemudian dikaitkan dengan struktur dan sifat khas selain dari aromanya dan diketahui bahwa senyawa aromatik yang tidak berbau.

Pengertian Benzena

Merupaka senyawa kimia organik yang merupakan cairan tidak berwarna dan mudah terbakar bahkan mempunyai bau yang manis.

Benzanaa memiliki enam atom karbon yang membentuk cincin dengan satu atom hidrogeen saling berikatan pada setiap atom karbon. Benzana juga merupakan salah satu hidrokarbon aromatik siklik.

Benzenaa merupakan salah satu bahan petrokimia karena memiliki bilangan oktan yang tinggi dan merupakan salah satu campuran penting pada bensin.

Senyawa Turunan

Benzena sangatlah penting bagi senyawa kimia, senyawa ini dibuat dengan cara menggantikan satu atau lebih atom hidrogen pada benzena dengan gugusan fungsional lainnya. Senyawa turunan sederhana benzena adalah fenol, anilin, toluena, Etilbenzena. Berikut penjelasannya dibawah.

Senyawa Fenol

Merupakan zat kristal tidak berwarna yang mempunyai bau yang khas dan strukturnya memiliki gugusan hidroksil yang berkaitan dengan cincin fenil.

Senyawa Anilin

Merupakan senyawa organik yang memiliki komposisi C6H7N yang termasuk senyawa organik. Anilin merupakan bahan kimia yang dibuat dari beberapa macam cara dan bahan sertadigunakan untuk membuat berbagai macam produk kimia.

Senyawa Toluena

Suatu cairan bening yang tidak berwarna yang tidak larut dalam air dengan aroma seperti pengencer cet dan baunya harum seperti benzena, toluena di gunakan di industri sebagai pelarut.

Senyawa Etilbenzena

Merupakan suatu senyawa organik yang tak berwarna dengan bau seperti bensin, etilbenzena juga digunakan sebagai bahan kimia lainya, pelarut dalam tinta, bahan bakar, pernis, perekat karet, dan cat.

Sifat – Sifat Benzena

Berikut ini beberapa sifat – sifat benzena antara lain :

Sifat Kimia

Kesetaraan atau derajat merupakan salah satu sifat benzenaa dan turunan dari benzena, fenol memiliki gugusan fungsi -OH yang bersifat asam lemah yang artinya memberikan ion H+ sedangkan anilin mempunyai ggus fungsi -NH2 yang bersifat basa lemah memiliki arti menerima ion H+, benzena juga mudah mengalami reaksi subtitusi pada reaksi adisi.

  • Non-Polar
  • Kurang Reaktif dan mudan terbakar
  • Karsinogenik

Sifat Fisik

Benzena merupakan zat kimia cair yang tak berwarna, beracun dan mudah menguap. Turunan benzenaa bersifat polar maupun non polar, polar suatu senyawa kimia terbentuk akibat adanya ikatan antara elektron pada unsur-unsurnya dan mempunyai titik didih 80-250 derajat.

  • Mempunyai bau yang khas
  • Tak berwarna dan bentuk cair
  • Mudah menguap
  • Tidak larut dalam larutan air.

Struktur Benzena

  1. Memiliki Sudut ikatan masing-masing 120 derajat
  2. Benzenaa bisa beraksi dengan elektrofil
  3. Ikatan antar karbon merupakan ikatan dua rangkap atau rangkap tunggal berselang seling
  4. Memiliki aroma aromatik dengan lambang benzena aC6H6

Fungsi Benzena

  1. Sebagai pelarut dan bahan dasar sintetis.
  2. Sebagai bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan
  3. Sebagai pelarut dan pembeku asam benzoat
  4. Digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman
  5. Digunakan untuk membuat zat pewarna diazo
  6. Untuk membuat aspirin, minyak wangi, perasa, bedak, sampo dan salep anti jamur.

Sekian pembahasan materi belajar terait dengan Benzena – Pengertian, Turunan, Fungsi, Sifat & Struktur. Semoga bermanfaat buat anda semua…

Baca Juga : Destilasi

Baca Juga : Campuran Homogen

Baca Juga : stoikiometri